Thursday, November 3, 2016

Cara Praktis Membuat Netpot Hidroponik dengan Mudah


Bagaimana Cara Praktis Membuat Netpot Hidroponik dengan Mudah?? ~ Di artikel saya yang lalu, ada sebuah alat atau kit yang disebut dengan netpot. Netpot merupakan peralatan yang tak terpisahkan dalam bertani sistem hidroponik, bentuknya seperti pot tapi berukuran mini sebagai tempat tumbuh tanaman. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya saat membuat netpot hidroponik dengan mudah. Mungkin di toko/hydroponic store sudah menyediakan perlengkapan hidroponik, tak terkecuali netpot. Di pasaran harga netpot sekitar Rp. 1.000,-/pcs. Berhubung di tempat saya tinggal masih sangat jarang penghobi hidroponik seperti saya, sudah pasti peralatan hidroponikpun sulit didapatkan. Saya harus menempuh perjalanan sekitar 20 km untuk mendapatkan perlengkapan hidroponik. Untuk penghematan biaya dan waktu jadi saya manfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar rumah. Sebelum kita memulai pembuatan netpot hidroponik, jangan lupa menyiapkan peralatan dan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.hehehehe......



Tahap-tahap Membuat Netpot Hidroponik dengan Mudah

Peralatan Untuk Membuat Netpot Hidroponik

Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memulai membuat netpot hidroponik:
  • Gelas plastik air mineral bekas
  • Sendok garpu stainless steel/alumunium
  • Pemanas (disini saya menggunakan kompor gas)

Cara Membuat Netpot Hidroponik

1. Persiapkan alat-alat diatas sebelum memulainya
2. Panaskan sendok garpu dengan menggunakan api kompor sampai warnanya berubah menjadi merah membara, tapi perlu diingat yang dipanaskan hanya ujung sendoknya saja, jangan semuanya.

3. Setelah Sendok sudah membara, segera lubangi gelas plastik menggunakan sendok tersebut. Terserah mau berapa lubang yang akan dibuat, tapi usahakan yang banyak membuat lubangnya agar sirkulasi udara ke dalam netpot menjadi lancar saat digunakan untuk menanam. Jangan lupa bagian bawah gelasnya dilubangi juga. Jika menggunakan hidroponik dengan sistem wick, maka buatlah lubang yang memanjang di kedua sisi untuk pemasangan sumbunya.

4. Selesai, dan ucapkan Alhamdulillah....

Dalam pembuatan netpot hidroponik tersebut, bisa saya kita menggunakan solder untuk melubangi gelas plastiknya. Tapi bagi saya cara tersebut kurang praktis dan memakan waktu. Kalau membuat 1 atau 2 netpot saja ya tidak masalah, tapi kalau membuat 10 atau 20 netpot, suah pasti aka membuang banyak waktu dalam pengerjaannya.

Demikian sedikit pengalaman saya tentang Cara Praktis Membuat Netpot Hidroponik dengan Mudah. Selain mudah dan murah, kita bisa recycle (daur ulang) barang bekas daripada kita buang agar tidak menjadi limbah yang merugikan lingkungan. Sekian dan terimakasih.....

No comments:

Post a Comment