Tuesday, April 28, 2015

Cara Instalasi Listrik Tenaga Surya di Rumah

http://s4.postimg.org/bhp8t5e8d/atap_rumah_listrik.jpg
Salah satu energi alternatif dan terbarukan yaitu pembangkit listrik tenaga surya. Selain ramah lingkungan, energi tenaga surya juga mudah diaplikasikan di lokasi yang mendapat intensitas yang cukup sinar matahari seperti di sebagian besar wilayah Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan listrik tenaga surya banyak digunakan di Indonesia, terutama untuk daerah-daerah terpencil.

Akibatnya, penggunaan sel surya untuk keperluan rumah tangga, kantor, dan kepentingan umum lainnya mulai meluas sehingga dibutuhkan pengenalan khusus terhadap komponen dan perangkat serta jaringan instalasinya. Demikian juga jika anda ingin melakukan instalasi sendiri dirumah. Instalasi sederhana berikut cukup membantu, apalagi jika terjadi pemadaman listrik PLN. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, smknews.net akan menyajikannya untuk anda.

1. Solar Street Lights

Demi meningkatkan efisiensi dan efektifitas, lampu penerangan jalan yang digunakan baik itu untuk jalan-jalan di perumahan, tempat parkir, areal keamanan dan lainnya sudah banyak menggunakan sel surya. Solar Street Lighting System memberikan solusi yang lebih baik. Keuntungan yang diperoleh yaitu :
– Installasi sangat mudah
– Dapat dibongkar pasang dengan mudah
– Biaya installasi sangat rendah
– Dapat dipasang dengan mudah dan cepat dilokasi mana saja
– Umur pemakaian yang lama.
– Tidak memerlukan biaya PLN
– Tidak memerlukan jaringan PLN
– Tidak memerlukan banyak kabel
– Tidak mengganggu/merusak fasilitas lingkungan yang sudah ada.
– Tidak memerlukan perawatan.
 http://202.67.224.133/pdimage/29/2675229_ssl.jpeg
Lampu jenis ini menggunakan lampu LED yang sangat efisien dan tahan lama. Lampu LED hanya membutuhkan 1 / 10 konsumsi listrik untuk menghasilkan intensitas cahaya yang sama seperti yang dihasilkan oleh lampu biasa pada umumnya.

2.Electric Box

Electric Box System merupakan system khusus yang praktis dan flexible yang digunakan sebagai tempat pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel.
 

Prinsip kerjanya seperti ini, pada siang hari solar panel akan mengumpulkan listrik dari matahari dan disimpan di dalam Electric Box System, listrik yang sudah terkumpul di dalam Electric Box System akan dapat digunakan untuk menyalakan berbagai macam alat listrik seperti lampu, laptop, radio, dan sebagainya.

3. Solar System Generator

Solar System Generator merupakan sistem generator listrik khusus yang digunakan sebagai tempat pengisian daya listrik yang dihasilkan dari solar panel ataupun juga dari listrik PLN (dua fungsi). Solar System Generator tidak mengeluarkan suara dan tidak memerlukan bahan bakar.
 

Prinsip kerjanya, pada siang hari solar panel akan mengumpulkan energy listrik dari matahari untuk kemudian disimpan di dalam Solar System Generator. Tidak hanya dari solar panel, anda juga dapat melakukan pengisian alternatif dari listrik PLN. Listrik yang sudah terkumpul di dalam Solar System Generator ini yang selanjutnya akan dimanfaatkan.

4. Complete Set of Solar System

Sehubungan dengan semakin diminatinya pembangkit listrik tenaga matahari dengan memanfaatkan solar sel system, dipasaran sudah banyak beredar perangkat dan komponen yang dijual komplit sebagai pembangkit tenaga surya sederhana. Seperti yang tertera dibawah ini:
  • Spesifikasi Teknis Daya 10 WP, dapat digunakan untuk :
  1. Menyalakan 2 buah lampu LED selama 12 jam FULL apabila baterai terisi penuh
  2. Charge HP
  3. Menyalakan radio
  •  Spesifikasi Teknis Daya 20 WP, dapat digunakan untuk : 
  1. Menyalakan 6 buah lampu LED selama 12 jam FULL atau 8 buah selama 10 jam apabila baterai terisi penuh.
  2. Charge HP.
  3. Menyalakan radio.
  4. Menyalakan TV 14 inch selama 3 jam, tetapi akan mengurangi daya lampu
  •  Spesifikasi Teknis Daya 50 WP, dapat digunaka untuk :
  1. Menyalakan 10 buah lampu LED selama 12 jam FULL atau 12 buah selama 10 jam apabila baterai terisi penuh.
  2. Charge HP.
  3. Menyalakan radio.
  4. Menyalakan TV 14 inch & TV 21 inch, tetapi akan mengurangi daya lampu 
  •  Spesifikasi Teknis Daya 100 WP (50 WP X 2), dapat digunakan untuk :
  1. Menyalakan 10 buah lampu LED selama 12 jam atas 20 buah selama 10 jam apabila baterai terisi penuh
  2. Charge HP
  3. Menyalakan radio
  4. Menyalakan TV 14 inch dan 21 inch dan komputer, tetapi akan mengurangi daya lampu
  5. Menyalakan AC 320 W selama 1-2 jam, tetapi akan mengurangi daya lampu.
demikian sedikit informasi dari reyvandy.blogspot.com tentang Cara Instalasi Listrik Tenaga Surya di Rumah. Semoga bermanfaat. ~ source

No comments:

Post a Comment