Sunday, May 24, 2015

Cara Membuat Suplemen Kalsium dari Cangkang Telur

Cara Membuat Suplemen Kalsium dari Cangkang Telur - Kalsium merupakan salah satu bahan utama yang kita perlukan untuk memiliki tubuh yang tinggi. Kalsium diperlukan dalam pembentukan tulang. Tubuh yang tinggi dikarenakan kebutuhan akan kalsium yang terpenuhi. Memakan makanan yang sehat bernutrisi adalah langkah awal untuk tumbuh tinggi. Terlebih lagi di saat masa pertumbuhan, Anda harus rajin "MAKAN!"



Makanan mengandung nutrisi yang tubuh perlukan termasuk kalsium. Makanan yang mengandung kalsium seperti susu sapi, susu kedelai, ikan teri, keju, tahu dan lainnya. Tekadang semua makanan yang kita makan masih juga tidak mencukupi kebutuhan kalsium harian kita. Pastilah kita berusaha untuk mencukupinya dengan suplemen. Suplemen kalsium banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, kita bisa membuatnya sendiri. Adakah cara untuk membuat suplemen kalsium sendiri dengan cara yang alami? Ada.

Cangkang telur tersusun dari mineral kalsium. Kita bisa mengolah kalsium dalam cangkang telur menjadi suplemen kalsium kita. Ini menghemat pengeluaran dan pastinya keren. Namun, terlebih dahulu kita harus membersihkannya dari bakteri seperti salmonella dan mengolahnya menjadi bubuk.

Cara Membuat Suplemen Kalsium dari Cangkang Telur


  1. Kumpulkan semua cangkang telur yang tersedia di rumah. Anda dapat mengumpulkan cangkang bertahap sampai berjumlah kira-kira 12 cangkang telur. Lebih baik jika cangkang dijaga tetap tidak retak.
  2. Cuci semua cangkang lalu rebus. Pastikan semua cangkang tenggelam dari air rebusan. Rebuslah dalam air mendidih. Ini berguna untuk membunuh bakteri salmonella pada cangkang. Jangan sampai Anda keracunan akibat bakteri ini. Rebuslah sekitar 10 menit.
  3. Angkat cangkang dan tiriskan. Diamkan beberapa saat agar semua air jatuh.
  4. Tahap keempat yaitu pengeringan. Pangganglah cangkang telur dalam loyang tertutup selama 30 menit pada suhu 100 derajat celcius untuk memastikan cangkang benar-benar kering tak mengandung air.
  5. Angkat dan letakkan pada tempat penggilingan. Aturlah cara agar cangkang dapat tergiling halus supaya bubuk cangkang dapat dicampur dengan makanan lain.
  6. Setelah cangkang menjadi bubuk. Simpanlah bubuk di dalam stoples tertutup agar terjaga dari bakteri dan air.


Cara Mengkonsumsi Suplemen Kalsium dari Cangkang Telur

Kandungan 1 sendok teh bubuk cangkang mengandung hampir 1000 mg kalsium. Campurlah bubuk ini bersama ice cream atau kopi sebagai suplemen kalsium Anda. Jika terasa terlalu mengganggu bubuk tersebut di gigi atau di mulut, konsumsilah setengah sendok teh saja.

Suplemen kalsium buatan rumah ini juga bisa Anda berikan kepada hewan peliharaan dan tanaman Anda. Konsumsilah dengan baik untuk mendapatkan manfaat kalsiumnya. Anda tidak perlu khawatir terhadap bubuk cangkang telur ini. Ini merupakan sumber sehat dan alami yang bagus untuk Anda. Bahkan kalsium pada cangkang telur ini lebih mudah diserap ditubuh. Lebih mudah diserap berarti lebih baik daripada susah diserap malah akan menimbulkan penyakit.

Demikian info tentang Cara Membuat Suplemen Kalsium dari Cangkang Telur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




4 comments:

  1. Apakah ada cara lain selain memanggang kulit telur memakai oven?..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Apakah ada cara lain selain memanggang kulit telur memakai oven?..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Tdk harus pakai oven,bs juga dgn cara di sangrai

    ReplyDelete
  4. Kalau di keringin di bawah sinar matahari bagaimana?

    ReplyDelete